Breaking

Senin, 07 Mei 2018

Disamber petir, tangki kilang minyak Pertamina di kular terbakar



BeritaDunia118 -  Salah satu tangki minyak Pertamina EP Sangasanga Field di site Pusat Pengumpul Produksi (PPP), di Sangasanga, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, terbakar usai disambar petir. Kurang dari 30 menit, api berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Keterangan diperoleh, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.15 WITA. tangki yang terbakar adalah tangki H-4 bekaspasitas 14.535 meter kubik. Belum diketahui jenis minyak yang berada di dalam tangki raksasa itu.

Sebelum kejadian, Sangasanga memang sedang  dirundang awan mendung kehitaman. Pada saat bersamaan, sedang dilakukan proses loading minyak ke kapal dari tangki pengumpul.

Seketika petugas di lokasi melihat adanya petir menyambar, hingga mengakibatkan percikan api dan ledakan di tangki. Proses loading sempat dihentikan sementara.

Baca Juga:

Aparat Polsek Sangasanga, bergegas ke lokasi melakukan strerilisasi sekitar kilang. Bahkan warga setempat dievakuasi ke tempat yang lebih aman.Pun demikian, petugas Pertamina bergegas melakukan pemadam api.

"Benar, ada tangki minyak terbakar di Sangasanga ( akibat disambar petir )," kata kapolres kutai kartanegara AKBP Anwar Haidar dikonfirmasi BeritaDunia118, Senin (7/5).

Haidar menjelaskan, kobaran api dengan cepat tertangani petugas pemadam Pertamina dan dari pihak lainnya, yang diterjunkan ke lokasi. "Sudah berhasil dipadamkan," ujar Haidar.

Haidar mengaku belum tahu persis kronologi peristiwa itu, apakah terjadi saat pengisian atau loading minyak dari tangki atau bukan. Meski demikian, dia memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

"Tidak, tidak ada korban luka maupun jiwa. Untuk kerugian material belum bisa dihitung," demikian Haidar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox